Contoh Soal Esai Usbn Bahasa Indonesia Sd 2018

Setelah beberapa tahun ini ada wacana penambahan soal esai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), risikonya pemerintah tetapkan untuk memakai soal esai pada USBN pada tahun ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun telah tetapkan hanya tiga mata pelajaran yang diujikan dalam USBN 2018 bagi penerima didik kelas 6, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sebelumnya beredar wacana di masyarakat bahwa USBN 2018 ini akan diterapkan ujian dengan jumlah 8 mata pelajaran.

Dilansir dari website Kemendikbud, Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno menyampaikan bahwa porsi soal yang diberikan yakni 90 persen berbentuk pilihan ganda dan sekitar 10 persen berbentuk esai. Dia beralasan selama ini, ujian sekolah selalu diberikan bentuk soal pilihan ganda sehingga siswa sering berpikir spekulatif dan siswa tidak terbiasa berargumen alasannya yakni serba pilihan ganda.


Nah, kali ini DapurImajinasi sebagai salah satu ruang berguru mata pelajaran Bahasa Indonesia akan memperlihatkan contoh-contoh soal esai USBN 2018 dan jawabannya. Menurut berita, soal esai akan diberikan dengan porsi 10 persen. Jika selama ini soal Bahasa Indonesia terdiri atas 50 soal, maka soal esai kemungkinan hanya akan ada 5 soal.


Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket I


Mendekati waktu USBN SD yang rencananya diadakan sekitar bulan Mei, kini mulai banyak yang mencari soal esai USBN Bahasa Indonesia. Berikut, DapurImajinasi sajikan referensi soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket I.

1. Tulislah inspirasi pokok paragraf berikut!
         Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di badan kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jikalau warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam badan kita sudah cukup.
2. Tulis ulang dan lengkapi pantun berikut dengan larik yang tepat!
Anak burung berguru terbang
....
....
Agar selamat di dunia akhirat
3. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan ejaan yang tepat!
a. ibu membeli aneka makanan ringan cantik jajanan pasar serabi lemper dan klepon di pasar legi
b. orang keturunan bangsa inggris yang sedang membeli kunci inggris di toko inggris itu ternyata tidak dapat bahasa inggris. 
4. Buatlah percakapan singkat dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”!
5. Buatlah sebuah paragraf deskripsi dengan tema “Lingkungan Sekolah”.


Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket II


Mendekati waktu USBN SD yang rencananya diadakan sekitar bulan Mei, kini mulai banyak yang mencari soal esai USBN Bahasa Indonesia. Berikut, DapurImajinasi sajikan referensi soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket II.

1. Bacalah kepingan kisah ini secara cermat!
Setelah lari dari sawah, Rubah terjebak di lubang yang dalam dikala sedang mengejar Kelinci di hutan. Berkali-kali ia mencoba memanjat dinding lubang untuk keluar tetapi selalu gagal. Tiba-tiba ada Kambing Tua yang pergi ke sungai melongok ke dalam lubang. Si Rubah berjanji akan memberi hadiah jikalau si Kambing Tua mau menolong. Si Kambing Tua itu masuk ke dalam lubang. Tak usang kemudian si Rubah berhasil melompat dari punggung si Kambing Tua dan berhasil keluar. Setelah keluar, si Rubah lantas lari meninggalkan si Kambing Tua. Namun, tak usang kemudian si Rubah terperosok ke dalam lubang lain yang lebih dalam.
Setelah membaca kepingan kisah di atas, tentukan:
a. Watak setiap tokoh
b. Amanat cerita

2. Bacalah dua paragraf berikut!
Teks I
Pada tahun 2011, Jepang dilanda gempa besar lengan berkuasa yang diikuti tsunami. Beberapa hari sebelum gempa, ada puluhan ikan oar yang terdampar. Ikan oar yakni binatang maritim dalam yang jarang sekali terlihat. Ikan oar yang terdampar pun dianggap sebagai tanda gempa akan datang.

Teks II
Karyawan di gedung-gedung tinggi di Jakarta berhamburan keluar sehabis mencicipi gempa dengan getaran yang kuat. Gempa yang bermagnitudo 6,1 itu ternyata berpusat di Lebak, Banten. Gempat terjadi pada hari Selasa (23/1/2018) siang. Jarak Banten ke Jakarta cukup jauh, kurang lebih 140 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, tetapi getaran hingga di Jakarta.

Tentukan persamaan dan perbedaan dua teks di atas!

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
a. Ia pribadi menuju ke perpustakaan.
b. Bel tanda istirahat berbunyi, Dika bergegas keluar kelas.
c. Sambil mencari buku, Dika teringat kalau ternyata beliau belum mengumpulkan tugasnya.
d. Sampai di perpustakaan, Dika mencari buku yang ingin dibacanya.
Susunlah kalimat-kalimat di atas menjadi paragraf yang utuh dan padu!

4. Tulis ulang kalimat berikut dengan ejaan yang benar!
a. orang dari suku jawa itu berilmu bahasa arab
b. ayah membeli sapi di pulau bali

5. Buatlah paragraf deduktif dengan tema “Makhluk Hidup”!


Kunci Jawaban Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket I


Setelah mengerjakan soal esai USBN Bahasa Indonesia di atas, cocokkan tanggapan dengan kunci tanggapan soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket I berikut.

1. Ide pokok bacaan tersebut yakni cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh.
2. Pantun secara lengkap yakni sebagai berikut:
Anak burung berguru terbang
Naik tinggi kemudian mendarat
Rajin-rajinlah sembahyang
Agar selamat di dunia akhirat
3. Perbaikan ejaan yang sempurna yakni sebagai berikut:
a. Ibu membeli aneka makanan ringan cantik jajanan pasar: serabi, lemper, dan klepon di Pasar Legi.
b. Orang keturunan bangsa Inggris yang sedang membeli kunci inggris di Toko Inggris itu ternyata tidak dapat bahasa Inggris. 
4. Percakapan dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”
Hani : “Des, kau pernah ke Karimunjawa?”
Desti : “Belum, memangnya kau pernah?”
Hani : “Iya, semingu yang kemudian waktu liburan semester. Wow, di sana pemandangan bawah lautnya sangat keren, lho!”
Desti : “Jadi, kau ikut menyelam?”
Hani : “Iya, saya melihat aneka ikan dan terumbu karang yang sangat indah.”
5. Paragraf deskripsi perihal “Lingkungan Sekolah”
       Di depan sekolahku ada taman yang asri. Taman itu ditanami beberapa jenis bunga, menyerupai melati, mawar, kembang sepatu, dan lain-lain. Taman itu tampak asri alasannya yakni selalu dirawat. Di tengah taman juga ada kolam yang berisi beberapa jenis ikan. 


Kunci Jawaban Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket II


Setelah mengerjakan soal esai USBN Bahasa Indonesia di atas, cocokkan tanggapan dengan kunci tanggapan soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket II berikut.

1. Watak setiap tokoh dalam kisah di atas adalah 
(1) Rubah: ingkar janji
(2) Kambing Tua: penolong

2. Persamaan dan perbedaan teks di atas yakni sebagai berikut:
a. Persamaan dua teks di atas yakni sama-sama membahas perihal musibah gempa bumi.
b. Perbedaan dua teks di atas yakni teks pertama membahas anggapan bahwa terdamparnya ikan oar dianggap sebagai tanda akan terjadinya gempa. Sementara itu, teks dua membahas getaran gempa yang terjadi di Banten dirasakan hingga Jakarta.

3. Susunan kalimat sehingga menjadi paragraf yang baik adalah
        Bel tanda istirahat berbunyi, Dika bergegas keluar kelas. Ia pribadi menuju ke perpustakaan. Sampai di perpustakaan, Dika mencari buku yang ingin dibacanya. Sambil mencari buku, Dika teringat kalau ternyata beliau belum mengumpulkan tugasnya.

4. Tulisan kalimat dengan ejaan yang benar adalah
c. Orang dari suku Jawa itu berilmu bahasa Arab.
d. Ayah membeli sapi di Pulau Bali.

5. Paragraf deduktif dengan tema “Makhluk Hidup” adalah
Pohon jati memiliki cara penyesuaian yang unik untuk mempertahankan hidupnya. Saat kemarau, daun jati akan menggugurkan daunnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan. Jika penguapan sedikit, air yang diharapkan pohon jati juga berkurang.



Komentar

  1. Amanat yg kisah rubah dan kambing kok gak ada 😕😕😕

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Denotasi Dan Konotasi

Soal Ujian Sekolah Penjaskes Smk Mgmp Kab. Sragen 2017 Kelas 12