10 Pola Paragraf Campuran

Setelah memahami paragraf deduktif, ineratif, dan induktif, sekarang saatnya berguru paragraf campuran. Paragraf gabungan ialah paragraf yang kalimat utamanya diletakkan di dua bagian. Contoh yang sering ditemukan ialah diletakkan di cuilan awal dan simpulan paragraf. Dua kalimat utama yang dipakai sebetulnya sama, tetapi disajikan dengan kata-kata yang berbeda untuk pengutamaan inti masalah.

Contoh Paragraf Campuran


Berikut sepuluh pola paragraf gabungan dengan aneka macam tema.
1.     Paragraf gabungan tema pendidikan
        Pendidikan yang paling utama bagi anak ialah pendidikan karakter. Dengan pendidikan abjad yang baik, si anak akan mempunyai pondasi abjad dan mental yang kuat. Orang renta dan guru pun bisa bekerja sama untuk membentuk abjad anak. Jika berhasil, orang renta dan guru akan lebih gampang dalam mentransfer ilmu maupun nasihatnya kepada anak. Jadi, pendidikan abjad harus diutamakan dalam pendidikan.
2.   Paragraf gabungan tema kesehatan
        Apabila kita jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan. Pertama, kita rentan terkena penyakit. Kita bisa menderita anemia atau kekurangan darah. Karena kurangnya serat, kita juga gampang mengalami sembelit. Ternyata, jarang mengonsumsi sayuran hijau bisa berbahaya bagi badan kita.

3.   Paragraf gabungan tema kesehatan
          Sebelum dikonsumsi, sayuran hijau sebaiknya dimasak terlebih dahulu secara benar. Sayuran yang akan dimasak sebaiknya dicuci dan dipotong-potong berdasarkan selera. Sayuran tersebut  jangan dimasak terlalu lama. Jika dimasak terlalu lama, kandungan zat gizinya akan berkurang. Oleh lantaran itu, masaklah sayuran hijau secara benar sebelum dikonsumsi.

4.   Paragraf gabungan tema kesehatan
          Penyakit influenza gampang menular. Menurut penelitian, penyebaran virus flu sangat terkait dengan level kelembapan udara. Di negara beriklim sedang ibarat Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di isu terkini dingin. Sementara itu, di negara tropis influenza menyebar di isu terkini penghujan. Kita harus hati-hati dengan penyakit influenza yang ternyata gampang menular.
5.  Paragraf gabungan tema kesehatan
       Gondongan termasuk penyakit yang sanggup sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga tidak membutuhkan antibiotik dalam pengobatannya. Penderita hanya memerlukan istirahat cukup dan nutrisi yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika perlu, boleh diberikan obat penurun panas dan antinyeri. Penderita sebaiknya menghindari masakan asam supaya tidak bertambah nyerinya. Selain itu, diberikan masakan lunak untuk memudahkan pengunyahan. Jadi, gondongan sebetulnya tidak perlu diobati lantaran bisa sembuh sendiri.

6.   Paragraf gabungan tema lingkungan
       Hutan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh majemuk flora yang sanggup mencegah bajir, abrasi dan  tanah longsor. Hewan-hewan juga sanggup hidup bebas di hutan, kita juga sanggup memanfaatkan hutan sebagai kawasan wisata. Hutan memang seharusnya dijaga lantaran bermanfaat bagi kehidupan kita.

7.   Paragraf gabungan tema lingkungan
        Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang sanggup merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan gampang menyebar melalui terusan air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok ialah tumbuhan benalu yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak. Masyarakat di sekitar pinggiran danau juga menganggap eceng gondok adalah tumbuhan pengganggu yang menghalangi kegiatan mereka di danau. Tak salah kalau eceng gondok dicap sebagai tumbuhan perusak lingkungan perairan.

8.  Paragraf gabungan tema lingkungan
        Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok sanggup dijadikan peluang perjuangan sebagai materi dasar kerajinan tangan. Bagian flora eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai materi baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit. Wah, di balik sisi negatifnya, ternyata manfaat eceng gondok cukup banyak!
9.   Paragraf gabungan tema kesehatan
       Manfaat jeruk nipis sangatlah banyak. Jeruk nipis sanggup dipakai sebagai obat batuk alami. Jeruk nipis sanggup dibuah minuman yang menyegarkan. Jeruk nipis juga sanggup dipakai sebagai bumbu dapur. Ternyata, banyak sekali manfaat jeruk nipis bagi kita.

10. Paragraf gabungan tema olahraga
        Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain supaya sanggup menyebarkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memperlihatkan suguhan permainan sepak bola yang menarik. Jadi, teknik dasar yang baik perlu diterapkan dalam permainan sepakbola.

Itulah sepuluh pola paragraf campuran. Paragraf-paragraf tersebut bisa menjadi acuan bagi Sobat dalam mempelajari jenis paragraf, terutama paragraf campuran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Esai Usbn Bahasa Indonesia Sd 2018

Makna Denotasi Dan Konotasi

Soal Ujian Sekolah Penjaskes Smk Mgmp Kab. Sragen 2017 Kelas 12