Cara Gampang Memperkenalkan Diri Dengan Bahasa Jawa Disertai Arti

Memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa mungkin saja diharapkan dalam suatu kegiatan. Di sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa Jawa, bahan memperkenalkan diri sanggup menjadi bahan pokok sebelum diajarkan bahan bahasa Jawa yang lain. Hal ini dikarenakan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa sanggup memberi efek yang besar terhadap daya tarik seorang siswa terhadap bahasa Jawa. Setidaknya, dengan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa, siswa akan mengenali dirinya sendiri dengan bahasa Jawa yang ia ucapkan.

Di masa globalisasi ini, efek bahasa abnormal sangatlah kentara. Perlahan banyak bahasa kawasan yang mulai ditinggalkan pemakainya. Orang Jawa sendiri banyak yang menentukan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar daripada bahasa Jawa. Karena fasilitas dan kebiasaan dalam memakai bahasa Indonesia, lambat laun penggunaan bahasa Jawa pun semakin berkurang, apalagi bahasa krama yang dinilai memiliki nilai kesantunan yang sangat tinggi.

Nah, semoga bahasa Jawa tetap terjaga dengan baik. Marilah bertahap tetap mempelajari bahasa Jawa. Salah satunya dengan mempelajari cara memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika aku mengajar bahasa Jawa di kelas, siswa kelas VI yang aku bimbing cukup kesulitan saat aku suruh maju memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika aku ajarkan dengan pola di bawah ini, ternyata mereka sanggup memperkenalkan diri mereka dengan bahasa Jawa walaupun ada yang lancar dan agak tidak lancar.

Berikut Contoh Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Jawa


Assalamualaikum wr.wb.
Nuwun sewu, nderek nepangaken, nami kula Mukidi. Kula lair wonten Sukoharjo rikala 13 Juni 2004. Umur kula sakniki sampun 12 tahun. Agami kula Islam. Griya kula wonten ing Perum Senengmesem No 12, Gentan, Sukoharjo.

Kula putra mbarep. Sederek kula wonten kaleh. Adik kula namine Mukijan lan Mukini. Asma bapak kula Mukidjo. Menawi ibu kula asmanipun Mukinem. Bapak kula ngasta wonten kantor walikota Solo. Piyambakipun dados petugas bendahara. Menawi ibu kula wonten griya dados ibu rumah tangga.
 
Kula niku salah satunggaling murid wonten SD Nusa Surakarta. Kula sakniki sampun kelas VI. Kula gadah kasenengan inggih menika nembang Jawa lan maca buku. Kula gadah gegayuhan inggih menika dados menteri pendidikan amargi kula pengin majukaken pendidikan wonten ing Indonesia. Kangge mawujudaken menika, kula kudu sregep sinau lan donga. Kula ugi gadah semboyan, inggih menika pantang mengalah lan terus perjuangan dados tiyang ingkang sae supados selamet wonten donya lan akhirat.

Cekap semanten tetepangan saking kula, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.


(Baca juga: Contoh Cerkak/Cerita Pendek Bahasa Jawa)

Arti pola perkenalan diri dengan bahasa Jawa

Assalamualaikum wr.wb.
Permisi, mohon kesediaan waktunya untuk aku memperkenalkan diri, nama aku Mukidi. Saya lahir di Sukoharjo, 13 Juni 2004. Sekarang umur aku sudah 12 tahun. Saya beragama Islam. Alamat aku di Perum Senengmesem No. 12, Gentan, Sukoharjo.
Saya yaitu anak pertama. Saudara aku ada dua. Adik aku namanya Mukijan dan Mukini. Ayah aku berjulukan Mukidjo. Sementara itu, ibu aku berjulukan Mukinem. Ayah aku bekerja di kantor walikota Solo. Beliau menjadi petugas bendahara. Sementara itu, ibu aku di rumah menjadi ibu rumah tangga.

 Saya merupakan salah satu murid di SD Nusa Surakarta. Sekarang aku sudah kelas VI. Saya punya hobi yaitu menyanyi lagu Jawa dan membaca buku. Saya punya cita-cita, yaitu menjadi menteri pendidikan alasannya yaitu aku ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, aku harus rajin berguru dan berdoa. Saya juga punya semboyan, yakni pantang mengalah dan terus berusaha menjadi orang yang baik supaya selamat di dunia maupun akhirat.
Cukup sekian perkenalan dari saya, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.

Itulah pola teks memperkenalkan diri dengan memakai bahasa Jawa. Teks tersebut hanyalah pola dan sanggup diubah sesuai identitas yang akan memperkenalkan diri. Untuk langkah-langkah memperkenalkan diri dengan memakai bahasa Jawa sanggup mengikuti tips-tips di bawah ini.


Tips memperkenalkan diri dengan memakai bahasa Jawa

1. Buat/edit teks perkenalan diri memakai bahasa Jawa di atas dengan identitasmu

2.  Baca dan pahami artinya (jangan dihafalkan)

3.  Jika perlu dihafalkan, cukup hafalkan saja kata kunci atau urutannya

4.  Siapkan mental dan dogma diri sebelum memperkenalkan diri

5.  Perkenalkanlah dirimu dengan bahasa Jawa dengan percaya diri dan bunyi yang cukup untuk didengar.


Sobat DapurImajinasi yang ingin memakai artikel ini untuk pembelajaran, sumber belajar, atau soal, silakan menggunakannya dan mohon keikhlasannya untuk mengikuti blog ini atau memberi komentar di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan teruslah berimajinasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Esai Usbn Bahasa Indonesia Sd 2018

Makna Denotasi Dan Konotasi

Soal Ujian Sekolah Penjaskes Smk Mgmp Kab. Sragen 2017 Kelas 12